Memilih Berbisnis dengan Online Shop

Sekitar dua tahun terakhir salah satu impianku adalah memiliki usaha sendiri, namun aku ngga tau harus memulainya darimana. Kalau dilihat dari latar belakang keluarga, aku tidak mewarisi ilmu berdagang atau ilmu berbisnis seperti kebanyakan pengusaha. Apalagi modal usaha, bahkan seribu rupiah pun saat itu aku sedang tidak memilikinya. Hanya satu yang aku punya yaitu tekad dan semangat.

Dengan modal internet gratis dikantor, aku browsing mencari beberapa informasi mengenai supplier yang bisa kuajak kerjasama, akhirnya bertemu dengan salah satu grosir pakaian di Tanah Abang waktu itu. Mereka memberiku izin untuk mengunduh gambar dari websitenya, itu aku gunakan sebagai modal berdagang. Dari modal foto aku mulai menawarkan ke teman - teman terdekat, alhamdulillah satu dua tiga pesanan mulai berdatangan. Akhirnya sampai saat ini usaha online shop yang aku jalani masih bertahan, walau sempat mengalami jatuh bangun.

Dari berbagai pengalaman yang ku dapat rasanya ingin sekali membagikannya buat temen - temen khususnya wanita entah itu mahasiswa ataupun ibu rumah tangga, bahwa kita pun bisa berpenghasilan tanpa harus meninggalkan rumah dan tanpa harus meninggalkan anak. Salah satunya dengan mengelola online shop, karena menjalankannya tidak perlu harus punya banyak modal dan bisa dikelola sambil masak, sambil mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Itulah kenapa, begitu aku mengikuti KMO dan diminta untuk membuat ide menulis langsung terlintas "BISNIS ONLINE". Nah ini mind map dan outline yang sudah kubuat saat ini, sadar banget masih banyak kekurangan dimana - mana. Semoga bisa segera disempurnakan dan dapat release menjadi sebuah naskah buku. Aamiin.. 

Mind map : Memilih berbisnis dengan Online Shop

Outline : Memilih Berbisnis dengan Online Shop
NO
BAB
URAIAN
1
Bisnis dari Masa ke Masa
1.       Sejarah Perkembangan Bisnis di Indonesia
2.       Bisnis Era Konvensional
3.       Bisnis Era Digital
4.       Kenapa Memilih Bisnis Online
2
Beberapa macam bisnis online
1.       Online shop
2.       Marketplace
3.       Afiliate Marketing
4.       Adsense
3
Regulasi Bisnis Online di Indonesia

4
Memilih Bisnis Online dengan Online shop
1.       Menjelaskan lebih detail mengenai Online Shop
2.       Cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis online shop
3.       Kelebihan Bisnis Online Shop
4.       Kekurangan Bisnis Online shop
5
Potensi penghasilan dari Berbisnis Online Shop
Menjelaskan berapa besar potensi penghasilan dari berbisnis online dengan online shop
6
Tantangan Berbisnis Online Shop
Menjelaskan mengenai tantangan berbisnis online dengan Online shop
7
Pengembangan Bisnis Online Shop
Menjelaskan bagaimana mengembangkan bisnis online shop
8
Tokoh Inspirasi
1.       Para pelaku bisnis online shop
2.       Sosok yang sukses dengan bisnis online shop



No comments:

Post a Comment